Perubahan Strategi Bermain Ac Milan

Tak seperti formasi-formasi yang memakai cuma satu striker murni, formasi memungkingkan para penyerang untuk bergerak ke jantung pertahanan lawan tanpa perlu menunggu dukungan dari lini kedua. Untuk alasan ini, para striker terbaik yang pernah bermain dengan adalah mereka yang mampu beradaptasi dengan berbagai situasi serangan tanpa dukungan maksimal dari gelandang. Dengan begitu banyak pemain di lapangan tengah, tim yang memakai formasi cenderung lebih menguasai pengusaan bola.

Tak jarang pula strikernya turun untuk menjemput bola, yang praktis membuat tim bermain dengan formasi dan membuat lawan kesulitan melakukan penetrasi. Taktik adalah suatu siasat atau pola pikir tentang bagaimana menerapkan teknik-teknik yang telah dikuasai di dalam bermain untuk menyerang lawan secara sportif guna mencari kemenangan. Atau dengan kata lain taktik adalah siasat yang dipakai untuk menembus pertahanan lawan secara sportif sesuai dengan kemampuan yang telah dimilikinya. Permainan kasar untuk meruntuhkan mental lawanNamun strategi menjatuhkan mental lawan lewat permainan kasar ini dinanggap sebagai taktik kotor yang paling dibenci orang.

Nah, soal taktik di lapangan tidak selalu berhubungan dengan keindahan bermain, cara menyerang yang efektif maupun cara bertahan yang solid lho. Beberapa taktik baik dari pelatih maupun pemain kadang kerap menimbulkan efek negatif dan malah dibenci oleh penonton. Tugas ke depan tidak hanya untuk kepala untuk tujuan setiap kali ia menerimabola.

Dia juga harus membuat berjalan menuju tujuan sendiri dan mendukung linitengah daripada hanya terburu-buru ke depan. Jika bola berada di sisi kiri misalnya, mereka harusbergeser ke arah sehingga salah satunya adalah di tengah dan lainnya di dekatsideline. Dengan menjaga jarak antara satu sama lain konstan, ke depan dapatbekerja bola efektif sementara menarik terpisah pertahanan musuh. Karena kedepan biasanya bekerja di bawah banyak tekanan musuh, mereka membutuhkankecepatan dan keterampilan bola cepat penanganan. Ciri khas taktik ini adalah man to man marking dan pemain yang berfungsi sebagai libero.

Bagaimana tidak sebuah pertandinga sepakbola yang harusnya sebagai ajang adu skill, kelincahan, dan strategi malah diisi dengan permainan kasar yang menjurus ke adu fisik. Kalau mau adu kekerasan jadi pemain tinju atau karate saja sana. Tentu taktik ini selain bikin bosan para penonton juga bikin geram si musuh, apalagi tim lawan sedang dalam keadaan tertinggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *